Jumat, 17 April 2015

Belajar Mudah Menghafal Chord bagian 2 (belajar gitar) class : beginner

Hai teman-teman... kembali lagi dengan tutorial mp3gudangku,,, ini adalah tutorial lanjutan dari pelajaran sebelumnya belajar mudah menghafal chord bagian 1 .

1. MAJOR CHORD/KUNCI MAYOR
 Bagaimana latihannya? tidak susah bukan? untuk pelajaran selanjutnya saya akan coba mengenalkan komposisi nada-nada dari tiap chord/kunci gitar agar nanti teman -teman mudah untuk menghafal semua chord/kunci gitar
Pertama-tama kita akan mencoba melihat komposisi not/nada pada bentuk chord C mayor perhatikan gambar di bawah ini :

Mengapa pada nada C di tali 2 saya tidak tandai? karna kita cuma mengambil nada apa saja yang ada didalam kunci C dan nada c sudah ada di tali 5 jadi tidak perlu kita ikutkan lagi.
Pada chord/kunci C kita lihat gambar diatas berisikan nada C-E-G (pada gitar), sedangkan apabila kita terjemahkan kedalam solmisasi menjadi DO-MI-SOL , jika ada yang belum faham tentang notasi bisa dilihat lagi pelajaran sebelumnya tentang notasi di sini

 "Belajar mudah mengenal Notasi. (belajar gitar) class : beginner"
 Perhatikan pada gambar dibawah ini :


Coba perhatikan dan hitung berapa saja jarak C- E- G komposisi pada kunci C
 ya benar sekali
,,, jadi komposisi jarak hitungan kolom pada kunci C itu 4 kolom dan 3 kolom.
Sekarang tugas kalian hanya mengingat hitungan kolom untuk kunci C tadi "4 - 3"
Ok kita lanjut ke kunci berikutnya , kita coba pada kunci G MAYOR perhatikan gambar
Coba kita hitung berapa kolom komposisi pada kunci G MAYOR di atas :
ya ... sama seperti pada kunci C ,, 4 kolom dan 3 kolom  
G ke B = 4 kolom dan B ke D = 3 kolom
Jadi inti komposisi pada setiap kunci Major itu 4-3
Untuk Pelajaran dirumah coba cari bentuk kunci selanjutnya tanpa melihat contoh-contoh yang saya beri di tutorial sebelumnya, kalian cukup mencari nada awal di tali 6 atau 5 pada gitar lalu selanjutnya hitung 4 lalu 3.
di bawah ini saya akan berikan jarak oktaf pada setiap senar di gitar jadi kalian tidak perlu mencari sampai ke kolom setelah 5 , terlalu jauh.
 Jadi sampai disini saya yakin teman-teman juga setuju, bahwa didalam satu buah kunci MAJOR itu bentuk komposisi kolom dan interval not itu sama, benar bukan?
Saya harap teman-teman lebih mendalami dirumah masing-masing, untuk pengembangan silahkan berkreasi sendiri. Setelah teman-teman sudah dapatkan komposisi masing- masing chord mayor dari mulai C sampe B silahkan bandingkan dengan contoh gambar kunci-kunci yang saya berikan di artikel sebelumnya
http://mp3gudangku.blogspot.com/2015/04/belajar-mudah-mengenal-notasi-belajar.html 

Saya rasa cukup sampai disini dulu pelajaran kita mengenai "Belajar Mudah Menghafal Chord bagian 2"
agar lebuh memudahkan teman-teman memngingat pelajarannya, untuk tutorial selanjutnya kita akan bahas bentuk komposisi kolom pada kuncu MINOR].
Tunggu juga postingan saya berikutnya mengenai  "chord level intermediate ,cara mudah mengingat chord,tabulasi,tehnik fingering(penjarian),picking yang baik,tehnik typing,palm mute, dan banyak lagi." 
Silahkan isi komentar di bawah untuk yang belum faham.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More